Robert Mills Gagne (21 Agustus 1916 – 28 April 2002), Gagne lahir diAndover Utara, Massachusetts.25 Ia mendapatkan gelar A.B dari Universitas Yalepada tahun 1937 dan gelar Ph.D dari Universitas Brown pada tahun 1940.
Dia adalah seorang Professor dalam bidang psikologi dan psikologi pendidikan diConnecticut College khusus wanita (1940-1949), Universitas Negara bagianPensylvania (1945-1946), Professor di Departemen penelitian pendidikan diUniversitas Negara bagian Florida di Tallahasse mulai tahun 1969. Gagne jugamenjabat sebagai direktur riset untuk angkatan udara (1949-1958) di Lackland,Texas dan Lowry, Colorado.
Ia pernah bekerja sebagai konsultan dari departemenpertahanan (1958-1961) dan untuk dinas pendidikan Amerika Serikat (1964-1966), selain itu ia juga bekerja sebagai direktur riset pada Institut penelitianAmerika di Pittsburgh (1962-1965).Hasil kerja Gagne memiliki pengaruh besar pada pendidikan Amerika danpada pelatihan militer dan industri.
Gagne dan L. J. Briggs ada diantarapengembangan awal dari teori desain sistem instruksional yang menunjukkanbahwa semua komponen dari pelajaran atau periode instruksi dapat dianalisis dan semua komponen yang dapat dirancang untuk beroperasi bersama-sama sebagaisuatu rencana untuk pengajaran.
Dalam suatu artikel signifikan berjudul“Teknologi Pendidikan dan Proses Pembelajaran” (peneliti pendidikan, 1974),Gagne mendefinisikan instruksi sebagai “serangkaian kegiatan yang direncanakanuntuk kegiatan eksternal yang mempengaruhi proses pembelajaran dan itumempromosikan pendidikan”.Gagne juga dikenal untuk teori stimulus-responnya yang muthakir daridelapan jenis pembelajaran yang dibedakan dalam hal kualitas dan kuantitas darirespon stimulus yang mempunyai keterkaitan.
Dari yang paling mudah hinggayang paling sulit atau komplek, ini adalah Signal learning (PavlovianConditioning) Stimulus response learning (operant conditioning) Chaining(Complex Operant Conditioning) Verbal association, Discrimination learning,Concept learning, Rule learning, Problem solving.
Gagne berpendapat bahwa banyak keterampilan bisa dianalisis dalamsuatu perilaku hirarki yang disebut pembelajaran hirarki.
Seorang instruktur akanmengembangkan pembelajaran hirarki untuk sesuatu yang diajarkan denganmenyatakan keahlian untuk dipelajari sebagai perilaku tertentu dan untukkemudian bertanya dan menjawab pertanyaan “apa yang ingin anda ketahuitentang bagaimana cara untuk melakukan tugas ini, setelah diberikan suatupetunjuk”.
Gagne menguji Teori pembelajaran hirarki belajar, terutamamenggunakan keterampilan aritmatika sederahana.
Temuannya cenderungmendukung gagasan hirarki pembelajaran dan menujukkan bahwa individu jarang mempelajari keterampilan yang lebih tanpa sebelumnya tahu keahlian atauketerampilan yang lebih rendah.
26 Pendekatan Gagne pada pembelajaran dan pengajaran, terutama padapendekatan desain sistem pengajaran, yang kadang-kadang dikritik sebagai yangpaling pantas untuk kemahiran belajar informasi dan obyek ketrampilanintellektual, tidak diragukan lagi untuk sikap dan strategi kognitif, hasilnya tidakdiragukan lagi hasil kerja Gagne mempunyai dampak yang cukup besar pada teoridan pemikirannya di kalangan pendidikan.
Teori hirarkinya tentang langkah-langkah prasyaratan dalam pembelajaranmempunyai banyak implikasi untuk peruntunan instruksi dan ia merasa banyakmemberikan konstribusi untuk pengembangan pendekatan ilmu pengetahuan padapengajaran.
Dibidang bahasa Inggris, contohnya ia diijinkan guru bahasa Inggrisuntuk menjabarkan keterampilan bahasa Inggris kedalam komponen yang lebihsederahana dan untuk mengajarkan komponen ini kedalam suatu urutan,memperkuat tanggapan yang benar dalam sepanjang perjalanan.
Gagne befokuspada instruksi sistematis yang tepat yang juga membantu meletakan dasar untukpengajaran individual dan sekolah akuntasi di kalangan masyarakat Amerika
Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2200755-biografi-robert-gagne/#ixzz1bMIQOhQ2
0 komentar:
Posting Komentar
Please Give Comments To The Perfection Of This Article