(Numbered Heads Together)
Pengertian (NHT) Numbered Heads Together
(NHT) Numbered Heads Together adalah salah satu tipe dari pembelajaran kooperatif dengan sintaks: pengarahan, buat kelompok heterogen dan tiap siswa memiliki nomer tertentu, diberikan persoalan materi bahan ajar (untuk tiap kelompok sama tapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiap siswa dengan nomer sama mendapat tugas yang sama) kemudian bekerja kelompok, presentasi kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai dengan tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual, dan buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan beri reward.
Ciri-ciri (NHT) Numbered Heads Together :
1. Adanya kelompok heterogen.
2. Setiap siswa mempunyai nomer tertentu.
3. Tugas yang mereka dapat sesuai dengan nomer yang dimiliki
4. Presentasi kelompok dengan nomer yang sama.
Tujuan (NHT) Numbered Heads Together :
1.Hasil belajar akademik struktural
Bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik.
2.Pengakuan adanya peragaman
Bertujuan agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai latar belakang.
3.Pengembangan keterampilan sosial
Bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa
Langkah-langkah (NHT) Numbered Heads Together :
Langkah 1. Persiapan
Dalam tahap ini guru mempersiapkan rancangan pelajaran dengan membuat Skenario Pembelajaran (SP), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Langkah 2. Pembentukan kelompok
Dalam pembentukan kelompok disesuaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Guru membagi para siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-5 orang siswa. Guru memberi nomor kepada setiap siswa dalam kelompok dan nama kelompok yang berbeda. Kelompok yang dibentuk merupakan percampuran yang ditinjau dari latar belakang sosial, ras, suku, jenis kelamin dan kemampuan belajar. Selain itu, dalam pembentukan kelompok digunakan nilai tes awal (pre-test) sebagai dasar dalam menentukan masing-masing kelompok.
Langkah 3. Tiap kelompok harus memiliki buku paket atau buku panduan
Dalam pembentukan kelompok, tiap kelompok harus memiliki buku paket atau buku panduan agar memudahkan siswa dalam menyelesaikan LKS atau masalah yang diberikan oleh guru.
Langkah 4. Diskusi masalah
Dalam kerja kelompok, guru membagikan LKS kepada setiap siswa sebagai bahan yang akan dipelajari. Dalam kerja kelompok setiap siswa berpikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan bahwa tiap orang mengetahui jawaban dari pertanyaan yang telah ada dalam LKS atau pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. Pertanyaan dapat bervariasi, dari yang bersifat spesifik sampai yang bersifat umum.
Langkah 5. Memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban
Dalam tahap ini, guru menyebut satu nomor dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban kepada siswa di kelas.
Langkah 6. Memberi kesimpulan
Guru bersama siswa menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan.
M
anfaat (NHT) Numbered Heads Together
1.Rasa harga diri menjadi lebih tinggi
2.Memperbaiki kehadiran
3.Penerimaan terhadap individu menjadi lebih besar
4.Perilaku mengganggu menjadi lebih kecil
5.Konflik antara pribadi berkurang
6.Pemahaman yang lebih mendalam
7.Meningkatkan kebaikan budi, kepekaan dan toleransi
8.Hasil belajar lebih tinggi
Kelebihan dan kelemahan (NHT) Numbered Heads Together
-Kelebihan :
Kelebihan model Cooperative Learning tipe (NHT) Numbered Heads Together:
1.Setiap siswa menjadi siap semua.
2.Dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh.
3.Siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai.
4.Tidak ada siswa yang mendominasi dalam kelompok.
Kelemahan :
Kelemahan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads together:
1.Kemungkinan nomor yang dipanggil, dipanggil lagi oleh guru.
2.Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru.
0 komentar:
Posting Komentar
Please Give Comments To The Perfection Of This Article