Jumat, 08 Juni 2012

MUATAN LIFE SKILLS DALAM PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN


A.   Latar Belakang
Life skills merupakan orientasi pembelajaran yang bertujuan agar setiap komponen pembelajaran mengikuti tuntutan orientasi tersebut. Pendidik berusaha merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan menilai hasil pembelajaran dengan selalu berorientasi kepada life skills, sedangkan peserta didik menyiapkan dirinya untuk belajar dan menyiapkan dirinya untuk belajar dan menguasai kecakapan hidup (life skills) agar dapat hidup mandiri atau berkemampuan dengan optimalisasi pemanfaatan potensi/sumber daya diri dan lingkungannya.
Life skills sebagai muatan/materi pembelajaran bukanlah materi tersendiri yang menambah jumlah kajian/mata pelajaran yang ada selama ini. Tetapi life skills berintegrasi (luluh) dalam mata pelajaran yang ada. Orientasi life skills harus dimiliki oleh setiap komponen pembelajaran, terutama pendidik.
Materi ini sangat bermanfaat untuk dipelajari, yaitu dalam rangka: menambah wawasan tentang life skills; memetakan peluang-peluang pengintegrasian life skills pada berbagai kajian keilmuan; menerapkan dan memodifikasi pola penyelenggaraan life skills pada lingkungannya.
Muatan life skills dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan, terdiri atas: konsep life skills, jenis-jenis life skills, dan strategi dan pola pengembangan life skills yang berwawasan pengembangan kemasyarakatan.

Untuk Lebih Lengkapnya, download filenya dibawah ini :
MUATAN LIFE SKILLS DALAM PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN

0 komentar:

Posting Komentar

Please Give Comments To The Perfection Of This Article