Selasa, 03 Juli 2012

Permainan pramuka part 4


1.      Birma Crosser
Tujuan outbound training permainan ini adalah melatih percaya diri untuk menghadapi segala ujian dan rintangan dalam kehidupan. Alat bantu dalam out bound training permainan ini meliputi bambu, karmentel, kong, snappling, webbing dan helm. Adapun prosedur dalam permainan Birma Crosser adalah :
1.      Setiap peseta diminta meniti bambu yang telah disediakan dengan ketinggian 2 m dan panjang 15 m
2.      Fasilitator memasangkan kelengkapan pengaman sebelum peserta melaksanakan tugas tersebut
3.      Fasilitator memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan sebaik-baiknya.
4.      Fasilitator memegang tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta.
5.      Saat pelaksanaan peserta yang lain menunggu giliran
Pemaknaan dalam program outbound permainan ini adalah :
1.      Mampukah semua peserta melaksanakan tugasnya dengan baik ?
2.      Adakah peserta yang merasa takut akan ketinggian ?
3.      Apa kunci keberhasilan mereka ?
4.      Apa yang menjadi penyebab kegagalan ?
2.      Hell Barier

Tujuan outbound training permainan ini adalah melatih mengerjakan sesuatu sesuai dengan tahapannya untuk mencapai puncak yang diharapkan. Alat bantu dalam program outbound permainan ini meliputi jaring, karmentel, kong, snappling, webbing, kaos tangan dan helm. Adapun prosedur dalam permainan ini adalah :
1.      Setiap peserta diminta memanjat jaring tali setinggi 6 meter.
2.      Fasilitator memasangkan kelengkapan pengaman sebelum peserta melaksanakan tugas tersebut
3.      Fasilitator memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan sebaik-baiknya.
4.      Fasilitator memegang tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta.
5.      Saat pelaksanaan peserta yang lain menunggu giliran.
Pemaknaan dalam permainan ini adalah :
1.      Mampukah semua peserta melaksanakan tugasnya dengan baik ?
2.      Adakah peserta yang merasa takut akan ketinggian ?
3.      Apa kunci keberhasilan mereka ?
4.      Apa yang menjadi penyebab kegagalan ?
5.      Apa yang dirasakan peserta sewaktu mencapai puncak ?
6.      Apa makna dari kegiatan ini ?
3.      Carterpillar Race

Caterpillar race atau balap ulat bulu dapat dimainkan di lapangan Peserta dipecah jadi 3 or 4 team, terdiri dari 7-10 orang,


Instruksi
§  Peserta  kita minta untuk membentuk formasi berbaris ke belakang dengan tangan dibahu, atau di pinggang atau berpelukan.
§  Tugas mereka adalah berjalan dengan teamnya dengan rute yg kita buatkan sebelumnya, bisa berupa lintasan dengan tali atau tanda-tanda patokan.
§  Tiap team harus bergerak secepatnya ke garis finish yg kita tentukan
§  Bagi Team yang barisannya rusak harus mulai lagi dari garis start.
Target
Team yang menjadi pemenang adalah yang pertama sampai di garis finish dengan utuh.

Larangan
§  Larangan utama yaitu bahwa barisan tidak boleh putus.
§  Tidak boleh merusak formasi teamnya, misalnya tangan terlepas, terjatuh atau tertinggal sebagian.
Variasi:
§  Lintasan dapat dibuat lurus atau berkelok-kelok.
§  Pergerakan bisa juga dibuat maju atau mundur,
Bisa juga formasi lainnya, tergantung kondisi lapangan dan juga tingkat usia peserta

0 komentar:

Posting Komentar

Please Give Comments To The Perfection Of This Article